Ukhty Sayang…
Ingatlah firman Alloh Ta’ala:
“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih dan nasihat-menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al-‘Ashr: 1-3)
Dengan penuh pengharapan bahwa kebahagiaan dunia dan akhirat yang akan kita dapatkan, maka ana sampaikan risalah yang berisikan pertanyaan-pertanyaan ini ke hadapan ukty untuk direnungkan dan dijawab dengan perbuatan.
Pertanyaan-pertanyaan ini sengaja ana angkat ke hadapan ukhty dengan harapan yang tulus dan cinta karena Allah Subhanahu wa Ta’ala, supaya kita bisa mengambil manfaat dan faedah yang banyak darinya, disamping itu sebagai bahan kajian untuk melihat diri kita, sudah sejauh mana dan ada dimana posisinya selama ini. Ana tidak menginginkan sesuatu kecuali kebaikan bagi kita bersama ya ukhty sayang..

Ukhty sayang…
Risalah ini dinukilkan dari buku saku yang sangat bagus dan menawan yaitu Zaad Al-Muslim Al-Yaumi (Bekal Muslim Sehari-hari) dari hal. 51 – 55, bab Hayatu Yaumi Islami yang diambil dari kitab Al-Wabil Ash-Shoyyib oleh Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah dan diterjemahkan oleh Ustadz Fariq Gasim Anuz semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalasnya dengan pahala dan surga-Nya.

Kehidupan Sehari-hari Yang Islami :
1.Apakah ukhty selalu menjaga Shalat yang lima waktu diawal waktu?
2.Apakah ukhty hari ini membaca Al-Qur’an?
3.Apakah ukhty rutin membaca Dzikir setelah selesai melaksanakan Shalat wajib?
4.Apakah ukhty selalu menjaga Shalat sunnah Rawatib sebelum dan sesudah Shalat wajib?
5.Apakah ukhty (hari ini) Khusyu dalam Shalat, menghayati apa yang ukhty baca?
6.Apakah ukhty (hari ini) mengingat Mati dan Kubur?
7.Apakah ukhty (hari ini) mengingat hari Kiamat, segala peristiwa dan kedahsyatannya?
8.Apakah ukhty telah memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sebanyak tiga kali, agar memasukkan ukhty dalam Surga? Maka sesungguhnya barang siapa yang memohon demikian, Surga berkata : “Wahai Allah Subhanahu wa Ta’ala masukkanlah ia ke dalam Surga”.
9.Apakah ukhty telah meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar diselamatkan dari api neraka sebanyak tiga kali? Maka sesungguhnya barangsiapa yang berbuat demikian, neraka berkata : “Wahai Allah peliharalah dia dari api neraka”. (Berdasarkan hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang artinya : “Barangsiapa yang memohon Surga kepada Allah sebanyak tiga kali, Surga berkata: “Wahai Allah masukkanlah ia ke dalam Surga. Dan barangsiapa yang meminta perlindungan kepada Allah agar diselamatkan dari api neraka sebanyak tiga kali, neraka berkata: “Wahai Allah selamatkanlah ia dari neraka”. (Hadits Riwayat Tirmidzi dan di shahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami No. 911. Jilid 6).
10.Apakah ukhty (hari ini) membaca hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam?
11.Apakah ukhty pernah berfikir untuk menjauhi teman-teman yang tidak baik?
12.Apakah ukhty telah berusaha untuk menghindari banyak tertawa dan bergurau?
13.Apakah ukhty (hari ini) menangis karena takut kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala?
14.Apakah ukhty selalu membaca Dzikir pagi dan sore hari?
15.Apakah ukhty (hari ini) telah memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas dosa-dosa (yang ukhty perbuat)?
16.Apakah ukhty telah memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan benar untuk mati Syahid? Karena sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda yang artinya: “Barangsiapa yang memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan benar untuk mati syahid, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala akan memberikan kedudukan sebagai syuhada meskipun ia meninggal di atas tempat tidur”. (Hadits Riwayat Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dalam shahihnya, Al-Hakim dan ia menshahihkannya).
17.Apakah ukhty telah berdo’a kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar ia menetapkan hati ukhty atas agama-Nya?
18.Apakah ukhty telah mengambil kesempatan untuk berdo’a kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala di waktu-waktu yang mustajab?
19.Apakah ukhty telah membeli buku-buku agama Islam untuk memahami agama? (Tentu dengan memilih buku-buku yang sesuai dengan pemahaman yang dipahami oleh para Shahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, karena banyak juga buku-buku Islam yang tersebar di pasaran justru merusak pemahaman Islam yang benar -pent).
20.Apakah ukhty telah memintakan ampunan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk saudara-saudara mukminin dan mukminah? Karena setiap mendo’akan mereka ukhty kan mendapat kebajikan pula.
21.Apakah ukhty telah memuji Allah Subhanahu wa Ta’ala (dan bersyukur kepada-Nya -pent) atas nikmat Islam?
22.Apakah ukhty telah memuji Allah Subhanahu wa Ta’ala atas nikmat mata, telinga, hati dan segala nikmat lainnya?
23.Apakah ukhty hari-hari ini telah bersedekah kepada fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkannya?
24.Apakah ukhty dapat menahan marah yang disebabkan urusan pribadi, dan berusaha untuk marah karena Allah Subhanahu wa Ta’ala saja?
25.Apakah ukhty telah menjauhi sikap sombong dan membanggakan diri sendiri?
26.Apakah ukhty telah mengunjungi saudara seagama, ikhlas karena Allah Subhanahu wa Ta’ala?
27.Apakah ukhty telah menda’wahi keluarga, saudara-saudara, tetangga, dan siapa saja yang ada hubungannya dengan diri ukhty?
28.Apakah ukhty termasuk orang yang berbakti kepada orang tua?
29.Apakah ukhty mengucapkan “Innaa Lillahi wa innaa ilaihi raji’uun” jika mendapatkan musibah?
30.Apakah ukhty hari ini mengucapkan do’a ini: “Allahumma inii a’uudubika an usyrika bika wa anaa a’lamu wastagfiruka limaa la’alamu = Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari menyekutukan Engkau sedangkan aku mengetahui, dan aku memohon ampun kepada-Mu terhadap apa-apa yang tidak aku ketahui”. Barangsiapa yang mengucapkan yang demikian, Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menghilangkan darinya syirik besar dan syirik kecil. (Lihat Shahih Al-Jami’ No. 3625).
31.Apakah ukhty berbuat baik kepada tetangga?
32.Apakah ukhty telah membersihkan hati dari sombong, riya, hasad, dan dengki?
33.Apakah ukhty telah membersihkan lisan dari dusta, mengumpat, mengadu domba, berdebat kusir dan berbuat serta berkata-kata yang tidak ada manfaatnya?
34.Apakah ukhty takut kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam hal penghasilan, makanan dan minuman, serta pakaian?
35.Apakah ukhty selalu bertaubat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan taubat yang sebenar-benarnya di segala waktu atas segala dosa dan kesalahan?

Ukhty yang ku sayangi karena ALLAH…..
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di atas dengan perbuatan, agar kita menjadi orang yang beruntung di dunia dan akhirat…..
Insya ALLAH…….

Malang Kota BUnga….
26 November 2010

Hamba Dhoif,
(Ayu Syifa ‘Ummu Rosyid’)

Ummu Misyma Wardhani